Review Game Honkai Impact 3

Review Game Honkai Impact 3

Listadicibo.web.id – Action RPG biasanya mengandalkan cerita yang kompleks serta grafis yang mendukung sebagai kekuatan utamanya. Makanya, enggak mengherankan jika kita lebih banyak menemukan action RPG untuk konsol atau pun PC ketimbang perangkat mobile. Hingga saat ini, kita belum banyak menjumpai action RPG mobile yang menghadirkan pengalaman yang sama dengan versi konsol atau pun PC.

Untuk membuktikan bahwa action RPG bisa tersaji secara apik di mobile, Mihoyo, developer game asal Tiongkok, merilis sebuah game berjudul Honkai Impact 3. Game ini pertama kali dirilis pada November 2017 buat wilayah Asia Tenggara. Nah, kalau pernah mainin game ini, lo pasti takjub karena akhirnya nemuin action RPG mobile yang bisa ngasih lo pengalaman bermain yang mendekati versi konsol atau PC.

Memangnya, hal-hal apa aja yang membuat Honkai Impact 3 bisa disejajarkan dengan action RPG konsol atau PC? Nah, mending lo simak ulasannya berikut ini.

1. Tampilan Grafis yang Bikin Mata Terbelalak

Salah satu hal yang pasti langsung mencuri perhatian dalam Honkai Impact 3 adalah kualitas grafisnya yang jempolan. Mihoyo enggak main-main dalam menghadirkan grafis indah ala anime dalam game ini. Bahkan, lo udah disambut dengan grafis yang keren sejak masuk halaman menu.

Detail-detail ala anime pun tersaji secara apik saat karakter lo berada di medan pertempuran. Gerakan-gerakan karakter saat melancarkan attack atau ulti ke musuh pun terlihat luwes layaknya anime atau pun JRPG, baik versi konsol maupun PC. Namun, untuk bisa menikmati grafis ini, lo harus menyediakan kapasitas memori cukup besar di smartphone lo. Yap, setidaknya, lo harus menyisakan ruang lebih dari 1 GB untuk bisa memasang game indah ini.

2. AI-chan yang Sangat Membantu

Jangan takut kalau lo bakal enggak paham mainin Honkai Impact 3. Dari awal permainan, lo dibantu oleh sosok artificial intelligence imut yang dinamakan AI-chan. Dia bakal senantiasa membimbing dan memberikan informasi tentang apa aja yang harus lo lakukan dalam game ini.

Penjelasan yang diberikan AI-chan pun sangat lengkap dan jelas. Enggak hanya penjelasan dalam kata-kata, AI-chan juga akan “memaksa” lo untuk memahami seluk-beluk game ini dengan cara membuat lo hanya bisa ngeklik pilihan yang sesuai dengan instruksinya.

AI-chan pun enggak hanya muncul di awal sebagai pemandu tutorial. Dia pasti akan muncul jika lo unlock fitur baru lalu ngasih penjelasan dan arahan supaya lo memahami fitur tersebut. Baik, ‘kan? AI-chan juga bisa lo akses setiap saat dengan ngeklik ikon wajahnya di halaman menu.

3. Panen Waifu

Lo termasuk yang suka game dengan berbagai karakter kawaii di dalamnya? Kalau iya, berarti game ini cocok banget buat lo. Di Honkai Impact 3, lo akan berperan sebagai Kiana Kaslana, seorang Valkyrie yang ambisius namun cukup ceroboh. Saat menjalankan misi, Kiana enggak akan sendirian. Nantinya, dia ditemani oleh Raiden Mei, Bronya Zaychik, dan Murata Himeko.

Tiap karakter memiliki sifat yang berbeda-beda. Menemani Kiana dengan sifat yang tadi udah disebutkan, ada Mei yang penyabar, Bronya yang terlihat acuh tak acuh, dan Himeko yang tegas. Kombinasi ini tentunya saling melengkapi tiap karakter dan yang pasti, potensial banget buat lo jadiin waifu idaman.

Baca Juga :Rekomendasi Game MMORPG Mobile yang Wajib di Mainkan

4. Kehadiran Seiyuu yang Bikin Karakter Hidup

Enggak hanya serius di grafis, Mihoyo benar-benar ingin maksimal menghadirkan nuansa anime di Honkai Impact 3. Demi menghidupkan para karakternya, Mihoyo enggak main-main melibatkan para seiyuu ternama. Ada Rie Kugimiya (Fate/Grand Order, Persona 4, Super Heroine Chronicle) sebagai Kiana, Miyuki Sawashiro (Persona 3, Final Fantasy XV, Street Fighter V) sebagai Mei, Kana Asumi (Fate/Grand Order, Gundam Breaker 3, Ultimate Marvel vs. Capcom 3) sebagai Bronya, dan Rie Tanaka (Mobile Suit Gundam Seed, Dragon Nest, Tales of Xillia 2) sebagai Himeko.

Suara para seiyuu benar-benar menambah nyawa di Honkai Impact 3. Kerennya lagi, suara-suara mereka enggak hanya bisa lo dengar di bagian-bagian tertentu, melainkan ada di sepanjang game. Jadi, setiap ada dialog dan pertarungan, udah dipastikan lo akan mendengar suara dari setiap karakter.

Memang, dialog-dialog dalam game ini menggunakan bahasa Jepang. Namun, lo enggak perlu khawatir. Soalnya, Honkai Impact 3 yang hadir di Indonesia udah punya subtitle bahasa Inggris yang bikin lo paham dialog-dialog yang diucapkan para tokoh.

5. Gameplay Sederhana dengan Kesan Repetitif

Dalam Honkai Impact 3, lo harus menjalankan berbagai misi untuk membuka jalan cerita game ini. Nah, saat lo ngejalanin misi, lo yang berperan sebagai Kiana akan ditemani dengan dua karakter lainnya. Walaupun bertarung secara tim, bukan berarti lo dan dua karakter lainnya akan menghadapi musuh bersama-sama sekaligus.

Dalam menjalani misi, lo akan bertemu berbagai musuh dengan tipe yang berbeda-beda. Nah, inilah gunanya karakter lain dalam menjalankan misi. Soalnya, enggak semua karakter bisa efektif menghadapi musuh dengan tipe tertentu.

Misalnya, Kiana lebih efektif jika menghadapi musuh dengan tipe Creature, sedangkan Mei lebih efektif jika menghadapi musuh dengan tipe Mecha. Tenang aja, lo enggak akan kesulitan dalam mengetahui mana karakter yang efektif mana yang tidak. Lo bisa melihat keterangan “Up” dan “Down” di samping bar HP musuh. “Up” berarti efektif, sedangkan “Down” berarti lo harus ganti ke karakter lain.

Sayangnya, musuh yang lo hadapi terlihat begitu-begitu aja. Lo akan menemukan musuh yang sama lagi dan lagi di tiap misi yang berbeda. Untuk di awal game, lo pasti masih bersemangat buat terus bermain. Semakin lo menjalani misi-misi baru, lo akan merasa jenuh karena kehadiran musuh yang itu-itu lagi.

Related posts