Ramen Chain

Ramen Chain

Listadicibo.web.id – Touchten, salah satu pengembang game mobile di Indonesia, baru saja meluncurkan S128 Ramen Chain untuk Android dan saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi game. Saya mulai mengunduh game ini pada 10 dan dua jam kemudian, saya harus memaksakan diri untuk berhenti bermain dan menulis ulasan ini.

Gameplay

Di Ramen Chain kamu akan memainkan seorang anak muda yang berambisi untuk menjadi pembuat ramen nomor satu. Takdir akhirnya mempertemukan anak muda ini dengan seorang kakek pembuat ramen yang sangat enak (walaupun di awal game diceritakan ramenya tidak laku). Pada awal-awal game kamu akan dipandu oleh sang kakek untuk menjalankan bisnis ramen namun seiring kamu bermain nantinya kamu akan menjalankan toko ramen kamu sendiri.

Ramen Chain menggunakan genre Time Management yang saya yakin sudah sangat umum bagi para mobile gamer di Indonesia. Begitu pelanggan datang kamu harus tap mereka untuk membagikan menu selanjutnya kamu harus membuat ramen sesuai dengan pesanan mereka. Selain ramen kamu juga harus menyajikan minuman sesuai pesanan.

Jika kamu salah membuat ramen maka mau tidak mau kamu harus membuang ramen tersebut, selain membuang waktu ini juga akan membuat kamu rugi karena bahan-bahan yang ada di warung ramen ini bisa habis seiring kamu membuat ramen. Tugas kamu adalah memesannya kembali sebelum habis sehingga tidak membuat pelanggan menunggu.

Dalam setiap levelnya kamu harus memenuhi 3 kategori untuk bisa mendapatkan 3 bintang. Mulai dari waktu, reputasi dan juga uang. Reputasi dapat dijaga dengan cara membuat pelanggan tetap senang, ini bisa kamu lakukan dengan menyajikan ramen secepat mungkin. Tapi jika mereka marah kamu dapat memberikan free ocha untuk membuat mereka senang. Dalam satu game terdapat 3 ocha yang dapat kamu berikan. Tapi jika kamu tidak gunakan maka itu akan menambah skor kamu di akhir game.

Yang terakhir adalah uang, setiap kali pelanggan selesai maka ia akan membayar kamu. Untuk awal-awal game saya yakin kamu akan dengan mudah untuk mencapai goalnya tapi seiring kamu bermain goalnya akan menjadi semakin besar dan sulit dicapai jika hanya mengandalkan skill kamu. Di sinilah sistem ugprade dapat membantu kamu, upgrade dapat meliputi penambahan presentasi profit, membuat pelanggan lebih sabar dan lain-lain. Upgrade ini dapat dibeli dengan menggunakan mata uang yang kamu dapatkan seiring kamu bermain.

Ramen Chain mempunyai 50 level dengan selipan mini game di dalamnya, seperti contohnya mencuci piring. Selain itu game ini juga mempunyai benda-benda yang bisa dikoleksi seperti resep buku dan juga photobook. Senang melihat bahwa Touchten mengambil usaha yang lebih untuk mempercantik game ini. Untuk ukuran game gratis ini adalah game yang terbilang baik hati dan tentu saja totally worth to play.

Baca juga : LifeAfter

Presentation

Dari semua game time management yang pernah saya mainkan, Ramen Chain adalah salah satu game Time Management yang memiliki presentasi terbaik. Daripada mencoba membuat Time Management 3D, Touchten menggunakan grafis 2D yang terhitung baik dan juga detail. Touchten juga memberikan konten tambahan dengan menyediakan recipe book yang berisi resep dan gambar dari 23 ramen. Saya tidak tahu apakah ramen ini benar-benar ada, tapi saya akan asumsikan itu ramen yang benar-benar ada.

Pricing & IAP

Ramen Chain tersedia secara gratis baik di App Store dan juga Google Play. Iklan akan muncul sesekali secara full screen setiap kamu kembali ke menu utama sedangkan IAP yang dijual di sini adalah diamond. Diamond ini dapat kamu ubah menjadi Yen yang dapat digunakan untuk upgrade berbagai elemen dari warung ramen kamu (tapi ingat begitu ganti tempat maka kamu harus mengulang ugprade untuk warung ramen baru tersebut).

Selain berguna untuk upgrade kamu juga dapat menggunakan diamond untuk membeli boost sebelum game dimulai. Boost ini berguna untuk mempermudah pada saat kamu bermain, sebagai contoh boost 2x skor akan membutuhkan 2 diamond.

Kamu juga dapat membayar $1.99 untuk menghilangkan iklan namun sepanjang saya bermain iklannya sama sekali tidak mengganggu so not big deal there. Saran saya untuk kamu yang akan membeli diamond adalah go crazy! Beli yang banyak dan support dev indo.

Verdict

Ada sedikit game Time Management di App Store dan Google Play, dan dari jumlah yang sedikit itu game Time Management yang berkualitas lebih sedikit lagi. Untungnya Ramen Chain berada paling atas dari rantai game time management yang ada. Go download!

Related posts