Job Yang Belum Ada Di Ragnarok M

Job Yang Belum Ada Di Ragnarok M

Listadicibo.web.id – Ragnarok M: Eternal Love adalah permainan role-playing (RPG) yang sangat menarik karena beberapa alasan. Salah satunya adalah pekerjaan yang sangat beragam dengan karakteristik yang dapat disesuaikan dengan selera dan gaya permainan Anda. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada pekerjaan yang tersedia di Ragnarok Online, tetapi belum di Ragnarok M?

Yap, dari belasan Job lanjutan yang bisa lo mainkan di Ragnarok M, sekiranya ada tiga Job yang masih menunggu giliran untuk dirilis. Nah, sebelum dirilis, ada baiknya simak penjelasan Job tersebut berdasarkan Ragnarok Online biar lo udah paham duluan dibanding pemain lain!

Bard
Bard merupakan Job kedua lanjutan dari Archer, sekaligus alternatif dari Hunter. Jika Hunter menggunakan pendekatan represif untuk mengalahkan musuhnya, apa yang dilakukan Bard justru sebaliknya. Bard menggunakan cara yang lebih ‘soft’ dan mengalahkan musuh dengan kekuatan musik dan puisi.

Yap, saat menjadi Bard, seorang Archer bisa memilih untuk menanggalkan senjata panah kesayangannya dan beralih menjadi ‘kesatria bergitar’ dengan menggunakan senjata Instrumen.
Bard akan naik kelas menjadi Minstrel di Job 3, lalu Maestro di Job 4.

Alokasi Status
Alokasi statusnya tergantung dengan spesialisasi yang lo inginkan. Jika ingin memaksimalkan potensi menjadi Bard, lo harus memprioritaskan DEX, INT, dan VIT untuk build Magic Strings. Sementara itu, lo juga bisa memilih gaya bermain ofensif ala Archer dengan build Arrow Shower. Alokasi statusnya adalah DEX, VIT, INT, dan LUK.

Kelebihan dan Kekurangan

Mengandalkan irama dari gitar dan puisi yang dinyanyikannya, Bard dapat menjadi seorang Support yang sangat baik dengan memberikan tambahan damage dan durability. Kemampuan healing dan buff yang dikuasainya bisa dikatakan hampir sama dengan Priest. Bedanya, Bard memiliki kemampuan ofensif yang cukup tinggi dengan kombinasi skill orisinal Bard sekaligus skill turunan dari Archer.

Sayangnya, sebagai Archer yang beralih sebagai Support, damage Bard tentu enggak akan sesakit Hunter. Serangannya pun enggak begitu cepat. Selain itu, Bard juga membutuhkan positioning yang baik sama dengan Hunter.

Skill
Salah satu skill yang memberikan buff adalah Song of Lutie. Skill ini meningkatkan Max HP sekaligus memulihkan HP kepada semua pemain yang berada di sekitar Bard. Ada juga skill Impressive Rift yang meningkatkan ATK Speed untuk pemain yang berada di sekitarnya.

Tak hanya skill Support, Bard juga punya skill bertarung selain skill turunan dari Archer. Salah satunya adalah Melody Strike yang punya efek peningkatan damage seiring level yang meningkat. Selain itu, Bard juga punya skill yang sangat unik, yakni Unbarring Octave. Bard akan menceritakan candaan yang jayus nan membosankan kepada monster dan pemain yang ada di sekitarnya. Skill ini bisa membuat monster dan rekan setim terkena efek frozen selama beberapa saat.

Dancer
Job Archer bisa dibilang jadi yang paling unik di semesta Ragnarok. Pasalnya, Archer bisa naik kelas menjadi tiga Job. Yap, selain Hunter dan Bard, seorang Archer juga bisa menjadi Dancer.

Perlu lo ketahui, Dancer sebenarnya adalah Job yang sama dengan Bard. Keduanya adalah tipe Job semi-support dengan kemampuan ofensif yang cukup baik. Bedanya, syarat untuk menjadi seorang Dancer adalah menjadi karakter cewek, sedangkan Bard cowok. Senjata yang digunakan juga berbeda. Jika Bard mengandalkan Instrument, Dancer menggunakan cambuk untuk menghadapi musuh.

Dancer akan naik tingkat menjadi Gypsy di Job 3, lalu Wanderer di Job 4.

Alokasi Status
Alokasi status untuk Dancer kurang lebih sama dengan Bard. Untuk tipe Support, lo bisa memprioritaskan DEX, INT, dan VIT. Sementara itu, jika lo merasa harus ‘jalan’ sendiri, build Arrow Shower bisa menjadi alternatif dengan damage yang lebih tinggi karena menggunakan panah.

Kelebihan dan Kekurangan
Sama seperti Bard, Dancer punya kelebihan di damage dan durability yang cukup baik dengan sokongan kemampuan Support yang mumpuni. Seorang Dancer bisa dikatakan lebih ofensif dibanding Bard karena punya kemampuan untuk melumpuhkan musuh dengan skill-skill miliknya.

Kekurangannya pun enggak jauh beda. Leveling sendirian menggunakan Dancer sama sulitnya dengan Bard. Damage-nya pun kurang terasa jika dibandingkan dengan Hunter maupun Bard

Skill
Meski sama-sama sebagai Job alternatif turunan dari Archer, antara Dancer dan Bard memiliki tipe skill yang berbeda. Jika tipe Support Bard lebih ke healing, Dancer punya spesialisasi de-buff. Salah satunya adalah Dazzleryang dapat membuat musuh terkena efek stun selama beberapa saat.

Dancer juga punya skillbuff untuk rekan se-guild. Salah satunya adalah Lady Luck yang meningkatkan peluang serangan kritikal untuk rekan setim yang berada di dekatnya.

Uniknya, Dancer dapat berkolaborasi dengan Bard (juga berlaku sebaliknya) dan menggunakan skill khusus yang tergabung dalam Ensemble. Skill Ensemble ini cuma bisa digunakan jika Dancer dan Bard berada di Party yang sama dan berdiri berdekatan. Contoh skill Ensemble Bard dan Dancer adalah Lullaby yang bisa membuat lawan tertidur selama beberapa saat.

Sage
Di Ragnarok Online, Sage adalah Job turunan dari Mage sekaligus alternatif dari Wizard. Sage bisa dibilang menjadi versi kerad dari Wizard lewat kemampuan bertahannya yang cukup baik. Selain itu, Sage juga menjadi Wizard versi semi-support berkat kemampuan de-buff.

Sage akan naik tingkat menjadi Scholar di Job 3, lalu Sorcerer di Job 4.

Baca juga : Assassin’s Creed Rebellion

Alokasi Status
Sebagaimana statusnya sebagai Wizard versi bertahan, alokasi statusnya pun berbeda dengan VIT sebagai prioritas tambahan yang sama butuhnya dengan DEX, namun tetap berada di bawah INT. VIT dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan defensif Sage saat bertarung melawan musuh.

Kelebihan dan Kekurangan
Seperti yang udah dibahas di atas, keunggulan Sage jika dibandingkan dengan Wizard adalah kemampuan bertahannya. Selain itu, perannya sebagai semi-support juga sangat membantu dalam pertarungan PvM maupun PvP. Keistimewaan lain dari Sage dibandingkan dengan Wizard adalah kemampuan casting skill sembari bergerak sekaligus menyerang berkat skill Free Casting.

Sayangnya, Sage enggak ada apa-apanya jika adu jotos dengan Wizard karena damage yang enggak terlalu nyakitin. Kemampuan semi-support yang dikuasainya juga membuatnya lebih cocok untuk situasi PvP dibanding PvM. Hal inilah yang membuat leveling menggunakan Sage jadi sulit, kecuali lo punya teman Party yang kuat.

Skill
Seperti yang udah dijelaskan di atas, skill yang dimiliki Sage bertipe buff dan de-buff dengan karakteristik bertahan. Contohnya adalah Magic Rod dan Spell Breaker yang dapat membatalkan skill musuh, lalu menyerapnya menjadi SP untuk diri sendiri. Skill ofensifnya enggak sebanyak Wizard dan lebih mengandalkan skill turunan dari Mage.

Sama seperti Wizard, Sage punya skill bertipe elemen yang membutuhkan Gemstone. Bedanya, skill elemental ini punya fungsi untuk melindungi rekan setim dengan elemen sesuai Gemstone yang lo gunakan.

Bagaimana menurut kamu Job yang belum hadir di Ragnarok M ini? Apakah lo tertarik untuk mencobanya? Kabar buruknya, belum diketahui kapan Ragnarok M akan melepas tiga Job ini agar bisa lo gunakan. Namun, melihat kemunculannya di server Tiongkok, rasanya bukannya enggak mungkin Sage, Bard, dan Dancer akan dirilis secepatnya di server Asia Tenggara!

Related posts